LEARN MORE

PANJANG GELOMBANG



PANJANG GELOMBANG

............................................................................................................

Ini dia,..! Solusi mudah dalam menjawab yang berkenaan dengan panjang gelombang. Biasanya soal ini sering muncul di UN. Gak pake lama yuk kita simak tulisan berikut ini yang bersumber dari Kompasiana

............................................................................................................

Pendidikan penulis bukan berlatar belakang Pendidikan Fisika, melainkan Pendidikan Biologi. Tetapi tuntutan untuk bisa mengajar IPA Terpadu, pada akhirnya menyasar ke pelajaran Fisika. Tapi hanya bisa Fisika SMP. Kalau ditanya tentang Fisika SMA dan sederajatnya, angkat tangan saja. Mungkin ada yang belum pernah tahu atau baru tahu sekarang, bahwa rumus panjang gelombang itu ada yang seperti ini : Dicari di buku paket IPA Terpadu mana pun rumus tersebut tidak mungkin ada. Itu rumus yang Saya utak-atik ( penemuan ) dalam menyelesaikan soal yang seperti ini : Perhatikan gambar gelombang transversal berikut ini ! Berapakah panjang gelombangnya ?





contoh soal panjang gelombang







penyelesaian soal gelombang
Penjelasan : s = jarak gelombang, satuan SI-nya m (meter) dan n = jumlah gelombang. Dari beberapa literatur yang ada, definisi panjang gelombang adalah panjang jarak gelombang dalam waktu satu periode. Penulis kebingungan, sebab untuk dibuat menjadi rumus, tidak akan ditemukan. Oleh karena itu dalam mengajar, penulis mendefinisikan panjang gelombang sebagai berikut. Panjang gelombang adalah panjang jarak gelombang per sekon dalam waktu satu periode. Atau jika dirumuskan sebagai berikut :

rumus dari definisi di atas

t = waktu, satuannya sekon atau detik. T = periode, satuannya sekon atau detik. Rumus ini pun sulit ditemukan di dalam buku. Rumus ini penulis uraikan berdasarkan definisi panjang gelombang yang penulis sisipkan kata " per sekon ". Itulah sepenggal rumus panjang gelombang yang penulis tahu. Selebihnya, rumus-rumus panjang gelombang, ahlinyalah yang tahu. Mungkin rumus-rumus di atas bisa dikaitkan hubungannya dengan rumus-rumus panjang gelombang yang lain. Semoga tulisan ini bermanfaat, khususnya untuk siswa/siswi SMP.

http://www.kompasiana.com/semampunya/rumus-panjang-gelombang_55201347813311676e9de7e8